Aksi Sulap Gagal di Indonesia dan Dunia

 


Dari beberapa atraksi sulap yang sangat berbahaya, yang dilakukan oleh para pesulap seperti menangkap peluru, menelan pedang, hingga mengubur diri hidup-hidup. Para pesulap tersebut menempatkan diri mereka sendiri dalam berbagai macam situasi yang sangat berisiko “hanya” untuk menghibur penonton dengan atraksi berbahaya yang mereka lakukan. Tentu saja, tidak semua hal nantinya akan berjalan sesuai dengan rencana. Sebab melakukan sebuah aksi sulap, tentunya tidak semudah kelihatannya.

Sedikit saja anda keliru dalam melakukan trik, maka dampaknya bisa memalukan dan bahkan hingga dapat mematikan. Seperti yang belum lama ini terjadi pada Demian Aditya dalam aksinya yang bertajuk Death Drop yang dipertontonkan sebanyak dua kali. Yaitu pada acara di SCTV Awards 2017 dan juga pada ajang pencarian bakat America’s Got Talent pada Selasa.

Pada aksi pertama yang dilakukan yaitu Death Drop di ajang America’s Got Talent, Demian yang dijuluki sebagai escapologist alias ahli meloloskan diri, masuk ke dalam sebuah peti dengan kedua tangan yang saling diborgol. Sementara pada bagian bawah peti yang sebelumnya sudah terpasang, dan dibawahnya terdapat beberapa tombak yang sudah disulut dengan api.
Bila Demian nantinya tak segera membebaskan diri dalam borgol tersebut, maka ia nantinya akan terbakar dalam peti.

Selanjutnya, Demian dapat dengan mudah berhasil melepaskan tangannya dari jeratan borgol situs judi bola online tersebut. Namun dalam hitungan beberapa menit, tali tambang yang ada disana terputus dan bam! Peti yang saat itu seharusnya jatuh menimpa tombak, malah kemudian tersangkut di tengah-tengah. Namun, Demian kemudian entah bagaimana caranya berhasil muncul dari arah belakang para juri di ajang tersebut.

Aksi Sulap Gagal di Indonesia dan Dunia

Aksi serupa yang kemudian juga diulang Demian pada acara SCTV Awards 2017, dengan harapan atraksinya tersebut juga dapat berakhir lebih sempurna. Namun lagi-lagi, ketaksempurnaan belum menjadi miliknya penuh, bahkan kali itu berakhir menjadi petaka. Peti kayu yang seharusnya berisikan Demian kemudian terjatuh dan menimpa tombak yang.

Dalam video yang tersebar di internet tersebut, terlihat sedikit lambaian tangan dari dalam peti tersebut. Itu sendiri bukan tangan Demian, melainkan tangan dari stuntman (pemeran pengganti) yang bernama Edison Wardhana. Selanjutnya, anda mungkin sudah tahu. Ini kecelakaan yang ada dalam pertunjukan dan Edison yang kemudian dilarikan ke rumah sakit. Namun pada saat itu para penonton yang belum sadar apa yang terjadi sesungguhnya, dan saat itu bersorak lantaran Demian yang tiba-tiba muncul di atas panggung untuk membacakan nominasi kategori Infotainment Paling Ngetop.

Entah jenis escapologist seperti Demian atau jenis yang lainnya, memang bukan sebuah pekerjaan remeh. Ini adalah sebuah profesi dengan risiko amat sangat amat besar. Dan tentu saja, selain Demian, ada juga pesulap lain yang ternyata pernah gagal dalam melakukan triknya tersebut. Dalam artikel kali ini akan dibahas beberapa deretan pesulap yang pernah gagal dengan aksinya.

Hannibal Hellmurto, Inggris

Selain Demian, pada Maret 2012 pesulap Hannibal Hellmurto melakukan sebuah aksi, yang dilakukan saat itu dalam sebuah acara bertajuk Circus of Horrors. Pada kesempatan itu, Hellmurto yang melakukan sebuah aksi sulap dengan menelan pedang neon atau lampu neon dengan bertenaga baterai.
Sayangnya, aksi Hell Muerto tersebut malah berakhir bencana. Secara tak sengaja, ia merobek trakeanya yaitu sepanjang 10 sentimeter.

Hellmoto pun yang kemudian mengakhiri penampilannya sebelum keadaannya kemudian memburuk. Beruntung, pada saat itu trakea Hellmoto dapat diselamatkan setelah dokter yang membersihkan darah yang terkumpul di paru-parunya. Ia yang sempat tak bisa makan, minum, bahkan selama beberapa minggu dirinya yang tak bisa berbicara. Hellmoto pun kemudian harus menjalani sebuah pengobatan selama lima minggu sampai pada akhirnya sembuh total.
Sembilan bulan setelah cederanya tersebut, ia yang kembali berlatih dan kemudian tampil di hadapan publik.

Matt Edwards, Inggris

Peserta yang menampilkan atraksinya di ajang pencarian bakat Britain’s Got Talent, Matt Edwards. Dirinya tampil memalukan di tayangan televisi Good Morning Britain. Pembawa acara saat itu Eamonn Holmes, Charlotte Hawkins, dan juga Richard Arnold yang kemudian diminta untuk memilih satu kartu di antara tumpukan kartu dari pahlawan super. Matt secara tidak sengaja kemudian menjatuhkan satu kartu, yang kemudian diingatkan oleh Eamonn.

Matt yang meyakinkan mereka bahwa hal itu memang murni kesalahannya. Ia kemudian meminta Eamonn untuk nantinya tidak menunjukkan kartu tersebut pada siapapun. Eamonn yang kemudian menggenggam kartu dengan erat, dan tanpa disadari kemduian kamera menangkap tulisan “Batman” yang tertera pada kartu tersebut.

Trik selanjutnya, sambil memakan sebuah permen lolipop, Matt meminta Charlotte memberi petunjuk pahlawan super apa yang nantinya ada di kartu Eamonn. Tak lama, Matt yang kemudian mengakhiri triknya dengan mengeluarkan lolipop berbentuk sebuah kepala Batman. Para presenter pun yang kemudian berseru melihat lolipop yang keluar dari mulut Matt, tanpa terlihat terkesan dengan trik sulapnya tersebut. Begitu pula para penonton yang tidak bisa melupakan saat kartu bertuliskan Batman tersebut tertangkap kamera.

Marcin Połoniewicz, Polandia

Trik sulap yang berakhir bencana ketika pesulap dengan Marcin Poloniewicz menyebabkan tangan dari presenter Marzena Rogalska tertancap sebuah paku. Mengutip dari Huffington Post, yaitu pada Senin 7 April 2016, pada sebuah tayangan televisi Question for Breakfast mengundang seorang pesulap yang bernama Margin untuk melakukan trik sulapnya tersebut.

Dalam trik sulapnya tersebut, Marcin yang kemudian meletakkan paku di salah satu dari empat kantong kertas yang ada di meja. Ia yang kemudian mengacak kantong tersebut, kemudian meminta presenter Marzena untuk menghancurkan salah satu kantong dengan tangannya. Namun, trik tersebut yang kemudian berakhir menjadi bencana ketika paku menusuk tangan Marzena di dalam acara tersebut. Untungnya, tangan Marzena yang tidak terluka parah hingga harus dioperasi. Ia bahkan membela Marcin dengan cara mengatakan Marcin yang tidak bermaksud menyakitinya.

Criss Angel, Amerika Serikat

Ilusionis yang berasal dari Amerik Serikat Criss Angel tergantung terbalik pada saat beraksi di Mindfreak Live. Setelah Criss berputar selama sekitar dua menit di udara, dengan cepat Criss kemudian diturunkan oleh timnya. Namun, tirai kemudian ditutup dan tamu diantar keluar. Rupanya, ada sesuatu yang salah pada baju dan pengarangnya. Mengutip dari TMZ, Criss yang kemudian dibawa ke ruang gawat darurat dari Medical Center Spring Valley. Bak sudah jatuh tertimpa tangga, ia kemudian dipecat pada malam yang sama.

David Blaine, Amerika Serikat

Sebagian dari anda mungkin telah mengenal David Blaine. Pesulap asal Brooklyn, New York tersebut yang juga nyaris mati saat menangkap tembakan peluru dengan menggunakan mulutnya. Aksi tersebut ternyata tak sesuai rencana. Pesulap yang berusia 43 tahun tersebut menampilkan aksinya di MGM Grand Garden.

Saat Blaine menarik pelatuk senapannya tersebut, peluru yang seharusnya tertangkap di dalam cangkir logam di mulutnya, malah terlepas. Meski begitu, Blaine seperti tidak kapok dan dirinya tetap ingin memasukkan trik tersebut ke dalam tur dunianya nanti.

Demikian itulah beberapa pesulap dengan trik sulapnya yang pernah gagal di pertontonkan. Meskipun trik sulapnya tersebut gagal dan kemudian membahayakan diri para pesulap tersebut, namun mereka tidak pernah kapok melakukan aksinya.