Apakah Sulap itu Ilmu Hitam?

Belakangan ini adegan pertunjukkan sulap menjadi kegiatan yang lebih lazim untuk terjadi. Berbagai pesulap banyak bermunculan di media seperti televisi atau secara langsung. Banyak pertunjukkan di masa kini turut serta memasukkan unsur sulap yang dilakukan oleh para MC dari acara tersebut, atau bahkan hingga secara khusus mengundang pihak tertentu untuk menampilkan atraksinya. Banyak orang khususnya anak-anak merasa senang saat menyaksikan atraksi sulap ini. Bahkan saking hebatnya atraksi yang ditampilkan, beberapa orang sampai berpikir bahwa tindakan sulap tersebut mengandung unsur magis dan dikerjakan berdasarkan ilmu hitam tertentu. Berikut akan dijelaskan lebih mendetail akan trik sulap yang digunakan dalam berbagai atraksinya.

Atraksi sulap

Atraksi yang Menimbulkan Ilusi

Atraksi ini merupakan tindakan dalam menciptakan suatu tampilan yang tidak nyata atau seperti perpaduan dari dua faktor, yaitu faktor nyata dan faktor yang logikanya mustahil dapat terjadi. Banyak teknik sulap menggunakan jenis ini dalam beraneka macam variasi. Entah itu menciptakan suatu kondisi yang tidak nyata, atau menimbulkan suatu pengelihatan dari suatu aktivitas yang mustahil untuk dapat terjadi namun berhasil dikerjakan. Beberapa contoh atraksi yang menimbulkan ilusi mencengangkan bagi para penontonnya seperti:

Ilusi Memotong Tubuh

Sudah selazimnya manusia suka melihat atraksi berbahaya yang tidak biasa dilakukan. Semakin mustahil bagi hal tersebut untuk dilakukan, maka besarnya sorak sorai yang diberikan penonton atas atraksi tersebut menjadi lebih riuh lagi. Atraksi berjenis ini menimbulkan keriuhan saat sosok pesulap yang tubuhnya telah terbelah menjadi dua bagian masih juga bisa melakukan aktivitas sederhana seperti meresponi penonton tanpa sedikitpun terasa sakit. Sontak penonton langsung memberi respon yang ramai.

Ilusi macam ini umumnya dilakukan oleh dua orang, yaitu si pesulap dan seorang asistennya. Pada langkah awal si pesulap akan memasukkan seluruh tubuhnya kedalam sebuah kotak dalam posisi tidur terlentang, dimana sebelumnya kotak tersebut diperlihatkan bagian dalamnya untuk memastikan bahwa tidak ada trik yang digunakan kepada para penonton. Lalu setelah tersebut ditutup, kotak yang ukurannya sepanjang tubuh pesulap itu akan dibelah menjadi dua bagian. Atau menggunakan alternatif memasukkan pedang panjang ke dalam kotak tersebut di berbagai bagiannya. Sehingga menimbulkan kesan bahwa pesulap didalamnya berada dalam posisi terjepit oleh pedang itu, atau tubuhnya terpotong menjadi dua bagian. Setelah tubuh si pesulap itu dipotong menjadi dua atau tertusuk oleh berbagai macam pedang, sang asisten akan kembali menyatukan kedua bagian kota tersebut menjadi seperti semula. Atau jika menggunakan pedang, maka pedang yang ditancapkan ke kotak akan dicabut kembali satu persatu.

Penonton akan bersorak bahagia saat mendapati fakta bahwa si pesulap yang sebelumnya berada dalam kondisi berbahaya itu didapati aman tidak terluka. Tentunya jenis sulap macam ini menggunakan teknik tertentu dalam menciptakan ilusi untuk mengelabuhi mata para penontonnya. Meskipun begitu, tetap diperlukan ekstra hati-hati dan ketelitian dari si asisten yang melakukan hal tersebut agar tidak melakukan kesalahan yang dapat berakibat fatal. Dari berbagai macam trik dan adegan sulap yang dihadirkan. Ternyata permainan ini pun juga memiliki beraneka macam jenis alirannya menurut spesifikasi jenisnya masing-masing. Berikut akan dijabarkan jenis aliran seperti apa yang biasa digunakan dalam permainan sulap.

Illusionist Demian Aditya

Pencipta Ilusi (Illusionist)

Seorang sosok terkenal yang berasal dari Indonesia akan profesinya sebagai seorang pesulap yang lebih spesifiknya disebut Illusionist, tak lain lagi adalah Demian Aditya. Sosok ini menjadi terkenal akibat berbagai trik ilusi yang berhasil diciptakannya di berbagai penampilan yang ditayangkan di layar televisi. Aneka atraksi mendebarkan jantung yang pernah dipraktekkan seperti menangkap peluru, memunculkan serta menghilangkan benda hingga bahkan manusia sekalipun menggunakan media kotak sebagai perantara.

Jika menyebutkan bidang sulap berjenis Illusionist maka sosok Demian Aditya akan langsung terbersit di kepala. Pria satu ini merupakan pesulap terkenal asal Indonesia yang memakai aliran Illusionist. Dimana aliran ini dapat menciptakan sebuah ilusi yang logikanya tidak mungkin bisa di lakukan. Beberapa contohnya seperti menangkap peluru, memunculkan dan menghilangkan benda-benda bahkan manusia sekalipun yang diposisikan ke dalam sebuah kotak. Selain Demian Aditya, ada beberapa pesulap lain yang juga cukup terkenal dalam membawakan aliran ini seperti Criss Angel dari Amerika, dan Galih Montana yang juga berasal dari Indonesia yang ini kerap membawakan unsur teknologi saat tampil.

Ilusi Hipnotis

Permainan ini dapat terjadi akibat dari pengaruh alam bawah sadar manusia, yang digunakan oleh beberapa orang menjadi suatu permainan sulap yang akan berkaitan dengan Hipnotis. Meskipun tindakan ini seharusnya hanya digunakan untuk keperluan hiburan, namun di masa modern muncul berbagai  orang yang menggunakan kemampuan dalam menghipnotis sebagai tindakan kejahatan. Semakin parahnya mereka banyak beredar di masyarakat sekitar. Padahal tindakan hipnotis ini harusnya dilakukan untuk aktivitas yang menghibur dan memberi gelak tawa bagi penontonnya. Seperti berbagai aktivitas yang menyajikan tindakan hipnotis ini berkisar sulap yang digolongkan kedalam atraksi berjenis humor. Beberapa pesulap terkenal yang biasa membawakan aliran ini contohnya Romy Rafael, Jefa, Ferdian, serta Uya Kuya dalam beberapa penampilannya.

Sulap Ekstrim

Sulap jenis ini adalah jenis aliran dianggap paling berbahaya dari berbagai aliran sulap yang ada. Hanya saja jenis sulap ini harus dibedakan dari teknik yang digunakan seperti dalam bentuk kepercayaan adat seperti debus. Jika aktivitas debus sering dikaitkan dengan Ilmu Hitam, namun prinsip tersebut tidak berlaku untuk jenis sulap ekstrim ini. Segala tindakan yang dilakukan berkaitan dengan latihan yang dilakukan berulang-ulang, keterampilan khusus serta trik dalam melakukannya. Aliran jenis sulap ini juga menjadi salah satu sulap yang cukup terkenal di Indonesia. Salah satu contoh sosok yang terkenal sering mempraktekkan aliran ini yaitu pesulap yang dikenal dengan nama Master Limbad. Atraksi sulap ini dinilai menegangkan bagi para penontonnya, ditambah dengan ekspresi dan perawakan Master Limbad yang cukup menyeramkan hingga dapat membuat bulu kuduk berdiri akibat sensasi rasa takut yang ditimbulkan.

Membebaskan Diri Dari Bahaya (Escapology)

Jenis ini juga merupakan salah satu atraksi sulap yang berbahaya, dan dikenal sering diberlangsungkan di seluruh dunia. Aliran ini memposisikan atraksinya di ambang posisi hidup dan mati, sehingga hal ini menjadi suatu bentuk ketegangan bagi penontonnya. Jenis sulap ini biasanya menggunakan berbagai perlengkapan seperti borgol, air, pasir, dan benda-benda lain yang bisa mengikat atau menghalangi upaya si pesulap dalam membebaskan dirinya. Salah satu pesulap yang terkenal sering melakukan atraksi ini dari Indonesia adalah Demian Aditya. Pria satu ini terkenal tak hanya menjadi seorang illusionist, namun juga sering melakukan atraksi berbahaya melalui bentuk escapology. Atraksinya sudah sangat terkenal dan telah disaksikan oleh mata banyak penonton dari seluruh dunia.

Jenis sulap escapology umumnya dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu:

  • Jail Escape : escapology yang banyak di gunakan di panggung, dengan menggunakan beberapa peralatan besar. Jail escape banyak digunakan menggunakan penjara kecil seukuran 1 orang, dimana sang pesulap diposisikan dalam status terikat dengan gembok dan harus membebaskan diri dari ancaman yang membahayakan nyawanya.
  • Water Escape : Mirip seperti jail escape, hanya saja atraksi ini menggunakan air dalam wadah super besar sebagai tantangan yang harus dilewati oleh si pesulap dalam membebaskan diri dari tantangan.
  • Switching : Mirip dengan jenis escapology yang lain, namun dalam jenis ini tubuh sang pesulap hilang dari tempat yang mengekangnya, dan pesulap itu bertukar tempat dengan asistennya yang juga di atas panggung dalam posisi membelakangi penonton.
  • Extreme Escape : Jenis ini biasanya hanya dilakukan oleh orang yang sudah sangat profesional akibat tingkat resiko bahaya yang sangat besar hingga mampu membunuh sang pesulap.
  • Close-Up Escape : Berbeda dari jenis escapology pada umumnya, escapology jenis ini termasuk yang lebih mudah.

Aliran The Sacred

The sacred menjadi seorang sebuah aliran sulap yang dipopulerkan oleh seorang wanita bernama Riana. Wanita ini terkesan misterius bagi banyak penontonnya. Ia merupakan pesulap dari Indonesia yang terkenal berkat mengikuti kontes sekaligus memeriahkan ajang pencarian bakat Internasional yang berjudul Asia’s Got Talent. Aliran yang di gunakan oleh Riana ini lebih dominan termasuk kedalam golongan sacred atau jenis aliran mentalis yang di kembangkan dengan kombinasi gaya yang menjadi ciri khas dari sosok Riana.

The Sacred Riana

Seluruh penampilan yang dibawakan umumnya dikemas kedalam tema mistis. Pertimbangan ini mungkin dilandasi dari faktor tingginya rasa tertarik banyak orang, terutama masyarakat Indonesia akan segala sesuatu yang berkaitan dengan misteri. Berdasarkan dari tema aksi sulap yang ditampilkan, disebutlah namanya Riana The Sacred Mentalist yang digunakan dalam ajang kompetisi pencarian bakat tersebut. Dimana pesulap ini sering sekali memainkan atraksi sulap yang sekiranya menyeramkan, dan menimbulkan banyak opini bahwa aliran Sacred milik Riana ini merupakan aktivitas yang sesat dan menggunakan ilmu hitam dalam permainan mistis yang dilakukan. Akibatnya pertunjukkan yang disampaikan sering terkesan seperti layaknya menggunakan kekuatan gaib.